Senin , Desember 17 2018
Home / Berita Inspirasi / Sampah Jadi Permata di Gampong Blang Krueng
Mesin bank sampah di Gampong Blang Krueng, Aceh (Sumber : blangkrueng.desa.id)

Sampah Jadi Permata di Gampong Blang Krueng

GAMPONGONLINE.WEB.ID -Jangan pernah remehkan keberadaan desa. Di masa sekarang ini, desa tidak lagi identik dengan kondisi yang terbelakang dan kumuh. Desa masa kini sudah mulai mampu memberdayakan dirinya sendiri untuk kemajuan penduduknya.

Itulah yang bisa kita lihat dari Gampong (desa) Blang Krueng, Kecamatan Baitussalam, Aceh Barat, Aceh. Desa ini sudah memiliki BUMG alias Badan Usaha Milik Gampong yang memiliki berbagai macam unit.

Secara khusus, BUMG unit Bank Sampah telah berhasil memanfaat keberadaan sampah yang ada di Blang Krueng. Sampah-sampah, khususnya sampah organik, berhasil diolah menjadi pupuk cair dan pupuk kompos.

Atas usahanya tersebut, desa ini pun berhasil menyabet gelar Juara 1 Desa Terbaik Aceh Tahun 2016. Berdasarkan keterangan dari website resmi Gampong Blang Krueng, mereka yang mengabdikan diri di bidang ini antara lain: Rama Herawati, MP (Aktivis Lingkungan dan juga Dosen Fakultas Pertanian Unsyiah), Teuku Badlisyah, M.Pd (Dosen Prodi Pendidikan Kimia UIN Ar Raniry sekaligus Sekretaris Gampong Blang Krueng) dan BUMG Blang Krueng.

Perhatian pada isu lingkungan tidak hanya tentang seputaran sampah tapi juga ke soal irigasi dan penghijauan di desa tersebut. Sebab, berdasarkan data tahun 2012, 55 persen penduduk Blang Krueng berprofesi sebagai petani dengan kepemilikan rata-rata 0,25 Ha.

Komoditas pertanian yang dibudidayakan di Desa Blang Krueng antara lain, Padi, Selada, Sawi, Cabai, Tomat, Bayam dan Terong. Perencanaan irigasi itu untuk menunjang kegiatan bersawah para petani agar bisa 2x dalam setahun.

Perencanaan tersebut didasarkan pada kenyataan bahwa sedikitnya jumlah air yang tersedia di desa ini sehingga tidak memungkinkan bersawah 2x setahun. Biaya pemasangan pipa diambil dari dana desa.

Sumber : sinarharapan.ne

About gampongonline

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *